Senin, 03 Desember 2018

Pulau Bair, Raja Ampatnya maluku



Kota Tual mungkin terdengar asing ditelinga beberapa orang Indonesia karena lokasinya yang terpencil di Maluku dan bersebelahan dengan Kabupaten Maluku Tenggara yang terkenal dengan Pasir putih halusnya yaitu pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat. Tapi siapa sangka Kota Tual menyimpan pulau tersembunyi yang belum di explore oleh wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Bair.

Pulau Bair memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau pulau kecil disekitarnya, yaitu memiliki 2 teluk dengan air laut jernih dan tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Sekilas Pulau Bair mirip dengan Raja Ampat Papua tapi dalam skala kecil. Pulau Bair juga sebagai tempat hidup anak ikan Hiu jenis Blackpit.





Untuk sampai ke Pulau Bair cukup mudah. Anda bisa memulai perjalanan darat dari pusat kota ke desa Dullah Darat dengan berkendara kurang dari 30 menit, dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum ke desa Dullah dari terminal angkutan umum di pelabuhan kapal di kota Tual. Setelah sampai di pelabuhan Dullah Darat, melanjutkan perjalanan laut dengan menggunakan speed boat. Karena Pulau Bair terletak di ujung  deretan pulau di Desa Dullah Laut, dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar